Kesehatan adalah kekayaan

Beberapa bulan terakhir ini ketika saya melihat statistik kunjungan blog ini, postingan doa memohon kesembuhan dari penyakit selalu mejadi postingan dengan hits teratas hampir setiap harinya. Dan dari sekitar 300 postingan/tulisan/artikel terhitung hingga hari ini dengan total jumlah kunjungan blog ini yang sudah mencapai 34.900 hits lebih terlihat bahwa postingan doa memohon kesembuhan memiliki hits teratas dengan total 3.900 hits lebih hingga hari ini, itu pun belum termasuk yang tampil dalam bentuk home page / archives, padahal postingan tersebut baru diposting sejak 21 April 2012 sedangkan blog ini sudah ada sejak Februari 2010 (hampir 3 tahun).

Tentu hal ini menandakan betapa banyak orang-orang yang sedang sakit dan mereka berharap sembuh dari sakitnya, seraya mencari tahu perihal do’a apa yang merupakan tuntutan agama dan dicontohkan oleh kanjeng Nabi Muhammad SAW. Dengan harapan Allah segera mengangkat penyakitnya dan memberi kesehatan sedia kala.

544390_3452465199111_142801171_nSaya sendiri memosting doa itu kala saya sedang ditimpa penyakit yang cukup berat dan mengganggu sehingga menyebabkan harus dirawat dan sampai sekarang pun masih dalam kontrol dokter selalu (nyengir mode on:)

Yang jelas…. Penyakit memang merupakan sebuah momok menakutkan bagi manusia. Karena ia adalah perampas kenikmatan dan kekayaan. Dari semua pengalaman itu saya semakin menyadarinya (sebelumnya sih sudah sadar juga, mungkin masih kurang) bahwa penerapan pola hidup sehat merupakan sebuah hal mutlak yang tak bisa diabaikan.

Pola hidup sehat dibangun oleh tiga hal. Pola makan, Olahraga tepat dan pola pikir sehat. Namun dari beberapa tulisan dan artikel yang saya baca, saya menemukan fakta bahwa 70% penyakit disebabkan oleh pola pikir yang tidak sehat.

Pola pikir tidak sehat bukan berarti seorang itu gila. Tapi maksudnya adalah orang tersebut diliputi oleh stress berlebihan, cemas dan angan-angan yang kelewat batas yang demikian melemahkan sistem imun tubuh sehingga penyakit mudah datang dan inilah yang disebut penyakit psikosomatis/somatisasi. Teori dan pengobatan penyakit jenis ini sudah begitu banyak dan bisa kita temui dan cari di dunia maya. Namun yang praktis dan terdekat dengan diri dan jiwa kita untuk mengobati penyakit ini adalah agama. Bukan berarti orang-orang yang terkena penyakit ini menandakan agamanya buruk, tetapi mungkin faktor kepribadian yang memiliki kelainan yang diluar kendali pikiran sadar. Maka maksudnya kembali kepada agama adalah dengan kembali lebih menghayati lagi nilai-nilai spiritualitas yang diajarkan oleh agama dalam membangun kesehatan jiwa, seperti keikhlasan, tawakkal/pasrah, optimisme dan kebahagiaan serta lainnya.

Jagalah kesehatan kita karena sehat itu sangat mahal. Sehat itu sangat mahal bukan semata karena bila sakit akan menguras kekayaan kita, tetapi ketika kita kehilangan kesehatan kita maka saat itu kita sedang menjadi manusia yang tidak produktif.

Baca juga artikel terkait:

indah dan bahagianya hidup sehat

indah dan bahagianya hidup sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s