10 Langkah menuju Bahagia

DewiBola.com – Kita semua tahu bahwa hal-hal kecil bisa membuat perbedaan yang besar. Namun seringkali kita lupa betapa mudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 10 hal yang bisa dilakukan untuk menyegarkan ritme kehidupan anda.

10. Optimis

Pola pikir yang positif dan tak kenal putus asa dapat menjadikan anda lebih sehat, lebih bahagia, dan sangat memungkinkan anda berumur lebih panjang.

9. Lakukan sentuhan

Sentuhan bisa mengurangi stress, meningkatkan kerja tim, dan sangat membantu ketika anda harus bersikap persuasif. Sebuah pelukan akan membuat anda tenang dan bahagia. Sedangkan aktifitas seksual menjauhkan anda dari serangan jantung dan kanker serta memperbaiki kekebalan tubuh anda.

8. Tertawa

Mereka yang memanfaatkan humor sebagai obat stress akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, jauh dari serangan jantung dan stroke, serta hidup lebih lama. Bahkan dengan mengenang momen-momen lucu, hubungan yang anda miliki dengan orang-orang di sekitar anda akan menjadi lebih baik.

7. Cari tantangan

Mempelajari musik atau bahasa asing dapat mempertajam pikiran dan meningkatkan kecerdasan otak. Tidak memperkaya diri dengan pendidikan atau kesempatan adalah dua hal yang sering disesali kebanyakn orang ketika beranjak tua.

6. Tidur yang cukup

Anda tak bisa membohongi diri bahwa kurang tidur ridak akan mempengaruhi kehidupan anda. Kondisi lelah akan mempersulit anda untuk merasa bahagia. Kurang tidur itu sama artinya dengan mudah sakit. Bahkan tidur sebentar di siang hari sangatlah baik.

5. Meditasi

Meditasi akan meningkatkan kebahagiaan, arti hidup, kemampuan berkonsentrasi, serta mendukung kehidupan sosial anda. Selain itu meditasi juga dapat mengurangi kemarahan, kecemasan, depresi, dan kelelahan. Berdo’a juga mampu memberikan efek positif yang serupa.

4. Bersyukur

Bersyukur atau mengucap terimakasih akan membuat anda menjadi lebih bahagia, meningkatkan hubungan anda dengan orang lain yang pada akhirnya menjadikan anda pribadi yang lebih baik dan membuat orang di sekitar anda lebih bahagia.

3. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman

Pakar dari Univesitas Harvard bernama Daniel Gilbert menyebut hal di atas sebagai salah satu sumber kebahagiaan. Tanpa hubungan sosial, kecerdasan akan menurun dan kesehatan akan terganggu karena hal ini bisa memicu serangan jantung, stroke dan diabetes. Mereka yang berumur panjang, rata-rata adalah orang-rang yang memiliki hubungan sosial yang kuat. Teman adalah kunci untuk meningkatkan kualitas hidup. Ceritakan hal-hal yang menyenangkan dan tunjukkan respon pada berita baik yang mereka sampaikan.

2. Berolahraga

Kita semua menyadari betapa pentingnya berolahraga, namun sayangnya hanya sedikit yang konsisten melakukannya. Disamping manfaat yang sering kita dengar, berolahraga dapat membuat anda lebih cerdas dan tidur lebih baik, serta membuat anda lebih menyayangi tubuh sendiri. Sebuah studi di Universitas Harvard menunjukkan bahwa sekelompok pria yang berusia di atas 70 tahun menyebut olahraga sebagi salah satu kunci dari kualitas hidup yang baik.

1. Nikmati alam sekitar

Mungkin terdengar sepele, namu mendekatkan diri dengan alam dapat mengurangi stress, menjadikan anda lebih kreatif, meningkatkan daya ingat, bahkan menjadikan anda pribadi yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s