Stoner akan Pensiun dari Balapan di Akhir Musim MotoGP 2012

Kabar mengejutkan di dunia MotoGP datang dari Casey Stoner, sang juara dunia dua kali MotoGP dengan dua motor dan tim yang berbeda (Ducati dan Honda). Setelah sebelumnya membantah rumor yang beredar bahwa dirinya akan pensiun, namun kali ini berita kepastian itu datang melalui Pre-Event Press Conference MotoGP Le Mans, Prancis, Stoner mengabarkan bahwa musim 2012 ini adalah musim terakhirnya di dunia balap, sebab baginya olahraga ini sudah tidak memberinya gairah lagi semenjak begitu banyak perubahan yang terjadi di olahraga ini terkait regulasi yang diterapkan. Stoner mengungkapkan bahwa dia mencintai balapan ini begitu pula ada hal yang ia benci dari balapan ini. Namun, kali ini dua hal itu di dirinya sudah mengarah pada ketidakseimbangan yang membuatnya kehilangan passion dalam menjalani balapan, karena itulah ia memutuskan pensiun di akhir musim 2012 ini. Berikut pernyataan resmi Casey Stoner:

“After a long time thingking, a lot of time talking with my family and my wife, this has been coming for a couple of years now but at the end of this 2012 season I will be not racing in the 2012 championship. I will be finishing my career at the end of this season in MotoGP, and go forward in different things in my life.”

“After so many years doing this sport thich I love, and which myself and my family made so many sacrifices for, after so many years of trying to get to where we have gotten to at this point, this sport has changed a lot and it has changed to the point where i am not enjoying it. I don’t have the passion for it and so at this time it’s better if I retire now.”

Alasan lain yang diungkapkan Stoner adalah untuk memberikan waktu yang lebih besar lagi untuk keluarganya yang selama ini sudah tersita untuk mendukung karirnya di MotoGP. Stoner memang dikenal seorang laki-laki yang sangat mencintai keluarganya. Terbukti ia selalu membawa istrinya dimanapun ia membalap dan meminta istrinya lah yang menjadi umbrella girl untuknya, bukan orang lain. Terlebih kini setelah ia dikaruniai seorang anak tentu hal ini memperkuat pertimbangannya yang sudah dipikirkan beberapa tahun belakangan ini. Dan akhirnya ia memutuskan pensiun akhir musim 2012 ini.

Sangat disayangkan memang seorang pembalap berbakat yang digadang-gadangkan akan dapat menyamai rekor pembalap senior yang senegara dengannya, Mick Doohan, untuk bisa meraih 5 kali gelar juara dunia MotoGP ini harus pensiun dini di saat usianya sedang matang-matangnya untuk berprestasi, 27 tahun. Dan hal ini tentu pula akan membuat daya saing Honda di MotoGP melemah mengingat sejauh 3 seri yang digelar semenjak MotoGP beranjak mengusung mesin 1000 cc, hanya Stoner lah yang mampu unggul dari pasukan Yamaha dengan pembalap-pembalap kuatnya kini (Lorenzo, Crutclow, Dovizioso dan Spies). Memang selain Stoner ada juga Pedrosa yang bisa dibilang pembalap hebat. Namun sejauh 3 seri 1000 cc ini ia tak pernah bisa mengungguli Lorenzo sekalipun. Sedangkan pembalap-pembalap Honda yang lain (Bautista dan Bradl) untuk bersaing dengan pembalap satelit Yamaha saja mereka tertinggal jauh. Sepertinya solusi yang paling tepat bagi Honda mau tidak mau adalah memperkuat barisan mereka dengan Marc Marquez, pembalap tim Repsol di Moto2 yang tampil cemerlang 2 tahun belakangan ini.

Menurut berita yang di rilis DetikCom, bahwa Honda menyampaikan pernyataan resmi via twitter terkait pensiunnya Stoner sebagai berikut: “Casey baru saja mengumumkan jika musim 2012 ini adalah tahun terakhirnya di MotoGP. Mari kita doakan dia tampil fantastis tahun ini.”

Well…. Semoga saja dengan keputusan ini tidak berarti Stoner akan menjalani seri-seri tersisa tanpa semangat untuk menang. Agar MotoGP yang tahun ini hampir tampak membosankan tidak semakin membosankan dengan kehilangan semangat membalapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s