Final Result MotoGP Jerez 2012 – Stoner mendobrak Mitos dengan menjadi Juara di Jerez

Sebagaimana diperkirakan sebelumnya bahwa race akan berlangsung seru bahwa 7 pembalap terdepan pasti akan bersaing ketat. Diawali oleh Pedrosa yang start di posisi kedua mampu merangsek ke posisi terdepan. Namun hal itu hanya bertahan 2 lap saja, pada lap ketiga Pedrosa membuat kelengahan, sehingga Stoner, Lorenzo dan Hayden sekaligus bisa menyalipnya. Bahkan pada lap ke-4 ia diovertake oleh Dovizioso pula. Beruntung Pedrosa kemudian pada lap ke-7 mampu melewati kembali Dovizioso dan Hayden, meski kemudian justru ia ditempel sangat ketat oleh Crutchlow untuk meraih podium 3. Hingga akhir race Crutchlow tak mampu melewati Pedrosa.

Adapun Stoner yang start di posisi 5, harus berjibaku selama 3 lap untuk bisa meraih posisi terdepan. Setelah itu sepanjang balapan hingga akhir ia ditempel ketat oleh Lorenzo. Disini pertarungan cukup seru terjadi. Stoner yang biasanya selalu ngacir jauh kalau sudah di depan, kali ini hanya bisa meninggalkan Lorenzo sekitar o,9 detik-an saja. Bahkan sekitar 8 lap menjelang selesai jarak tersebut makin terpangkas hingga hanya 0,2 detikan saja. Nampaknya Stoner sudah belajar dari kasus di Qatar kemarin yang terlalu memaksa motor dengan problem chatter sehingga di akhir lap performa menurun sehingga ia di overtake oleh Lorenzo dan Pedrosa. Kali ini Stoner mampu menahan Lorenzo dengan baik melalui penjagaan race line, nyaris tak ada peluang emas bagi Lorenzo untuk mengovertake Stoner ditikungan yang merupaka keahliannya meskipun jaraknya sudah 0,2 detik-an. Justru pada last lap Stoner memaksa kembali performa motornya dan malah ia mampu meninggalkan Lorenzo lagi hingga 0,9 detik-an. Stoner cukup pintar kali ini strateginya untuk bisa menaklukkan duo pembalap tuan rumah (Lorenzo dan Pedrosa). Maka Stoner pun mampu menghapus mitos bahwa ia adalah pembalap yang tak bisa juara di Jerez yang merupakan sirkuit yang paling tidak disukainya.

Peta Persaingan

Well…. dari hasil balapan di Jerez ini ditambah hasil di Qatar sebelumnya, nampaknya kita sudah bisa cukup banyak mengetahui peta kekuatan para peserta MotoGP 2012 melalui kombinasi pembalap dan motornya.

Untuk Repsol Honda, sepertinya tahun ini sudah tidak bisa terlalu mendominasi lagi sebagaimana di tahun 2011. Perubahan motor RC212V (800 cc) ke RC213V (1000 cc) tidak memberikan peningkatan performa yang sempurna dan signifikan untuk bersaing dengan paket motor Yamaha di tahun 2012 ini. Terbukti, dua tim satelit Honda (Gresini dan LCR) terlihat sulit untuk bersaing sekalipun dengan tim satelit Yamaha (Tech 3). Dan Pedrosa yang biasanya mampu meninggalkan pembalap-pembalap sekelas tim satelit Yamaha kali ini seolah ia sangat kesulitan untuk melawan kekuatan tim satelit Yamaha sekalipun yang di isi oleh Crutclow dan Dovizioso. Begitu pula Stoner yang kali ini sepertinya sudah tidak bisa lagi untuk ngacir ketika sudah ada di depan.

Problem chatter seperti yag dikeluhkan Stoner adalah problem yang cukup berpengaruh sepertinya pada RC213V ini. Sasis yang kurang sempurna dalam mengantisipasi kebesaran power RC213V ini. Hmmmmm…. menurut saya kemenangan paket motor Honda ini lebih disebabkan kegilaan Stoner dalam menaklukkan motor-motor bermasalah dan liar. Terbukti ia sebelumnya mampu menaklukkan keliaran Ducati Desmosedici hingga mampu menjadi juara dunia dengannya, hal yang tidak mampu dilakukan oleh Nicky Hayden dan sang legenda, Rossi sekalipun.

Peningkatan yang sangat signifikan justru ada di Yamaha baik tim pabrikan dan satelitnya mampu bersaing di papan atas pembalap. Signifikansi ini  sepertinya dihasilkan oleh kesempurnaan sasis M1 yang sangat friendly menerima mesin baru berkapasitas 1000 cc. Sehingga, meskipun secara power dan top speed nampaknya M1 masih kalah dibanding Honda dan Ducati, namun handling motor ini begitu sempurna. Kita bisa melihat dari race kemarin khususnya dalam persaingan antara Stoner dan Lorenzo. motor Stoner terlihat bergoyang mengerikan baik di straight terlebih lagi di tikungan, sedangkan Lorenzo dengan M1-nya untuk ukuran sebuah motor balap, M1 terlalu sangat-sangat mulus digunakan untuk melahap tikungan. Pantas saja bos HRC pernah mengatakan bahwa kalau saja ia boleh membeli sasis motor Yamaha M1 itu maka ia ingin membelinya. Nah disinilah keunggulan terbesar Yamaha.

Namun pemadangan ironis justru ditampilkan oleh Ben Spies, tandem Lorenzo di tim Yamaha Factory. Ironis untuk seorang pembalap tim pabrikan ternyata tertinggal jauh dari tim satelit sekalipun. Dua kali race di tahun 2012 ini, keduanya pula Spies hanya mampu finish di posisi 11. Faktor motor sepertinya tak bisa disalahkan karna toh dua pembalap satelit Yamaha mampu bersaing di papan atas. Sepertinya Spies tak bisa beradaptasi dengan baik menerima perubahan motor dari 800 cc ke 1000 cc ini.

Adapun Ducati, nampaknya masih jauh panggang dari api di balik usaha keras mereka untuk memberikan handling motor yang sempurna bagi para pembalapnya khususnya anak emas mereka, Valentino Rossi. Alih-alih meningkat justru Rossi makin terpuruk, malah Hayden yang mampu cukup kompetitif dengan pembalap lainnya. Akankah 2012 ini menjadi akhir kisah Rossi-Ducati….???

GRAN PREMIO bwin DE ESPAÑA

MotoGP Race Classification 2012 

Jerez de la Frontera, Sunday, April 29, 2012

Pos. Points Num. Rider Nation Team Bike Km/h Time/Gap
1 25 1 Casey STONER AUS Repsol Honda Team Honda 157.3 45’33.897
2 20 99 Jorge LORENZO SPA Yamaha Factory Racing Yamaha 157.2 +0.947
3 16 26 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team Honda 157.1 +2.063
4 13 35 Cal CRUTCHLOW GBR Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 157.1 +2.465
5 11 4 Andrea DOVIZIOSO ITA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 156.2 +18.100
6 10 19 Alvaro BAUTISTA SPA San Carlo Honda Gresini Honda 156.0 +21.395
7 9 6 Stefan BRADL GER LCR Honda MotoGP Honda 155.6 +28.637
8 8 69 Nicky HAYDEN USA Ducati Team Ducati 155.6 +28.869
9 7 46 Valentino ROSSI ITA Ducati Team Ducati 155.3 +34.852
10 6 8 Hector BARBERA SPA Pramac Racing Team Ducati 155.3 +35.103
11 5 11 Ben SPIES USA Yamaha Factory Racing Yamaha 155.1 +38.041
12 4 41 Aleix ESPARGARO SPA Power Electronics Aspar ART 153.2 +1’12.728
13 3 9 Danilo PETRUCCI ITA Came IodaRacing Project Ioda 152.9 +1’18.669
14 2 54 Mattia PASINI ITA Speed Master ART 152.3 +1’29.142
15 1 22 Ivan SILVA SPA Avintia Blusens BQR 152.1 +1’32.478
16 5 Colin EDWARDS USA NGM Mobile Forward Racing Suter 151.7 +1’40.577
17 17 Karel ABRAHAM CZE Cardion AB Motoracing Ducati 150.6 1 Lap
Not Classified
14 Randy DE PUNIET FRA Power Electronics Aspar ART 153.7 2 Laps
77 James ELLISON GBR Paul Bird Motorsport ART 152.7 3 Laps
51 Michele PIRRO ITA San Carlo Honda Gresini FTR 152.6 9 Laps
Not Starting
68 Yonny HERNANDEZ COL Avintia Blusens BQR 0 Lap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s