Touring Jakarta – Lombok, Km 0 (Sabang) dan Mekkah, Proyeksi Touring terbesar dalam Hidup

Sebagai rider pencinta touring sepeda motor tentu sangat menginginkan memiliki agenda-agenda rutin mengadakan perjalanan dengan sepeda motor ke tempat-tempat yang jauh, menarik dan belum pernah dikunjungi. Namun biasanya kendala yang sering dihadapi adalah; tidak memiliki teman yang sehobi dalam petualangan ini atau kalaupun ada seringkali sulit menemukan waktu yang tepat untuk touring bareng. Karna touring jarak jauh sendirian tentu bukanlah hal yang mengasyikkan untuk sekedar merasakan petualangan yang berkesan, kecuali bila memang ada tujuan tertentu yang lebih spesifik dan urgen dari hal tersebut.

Namun, secara pribadi tentu saya memiliki cita-cita dan keinginan dalam hidup saya paling tidak sekali seumur hidup untuk mengagendakan 3 trip touring sepeda motor jarak jauh. Dua diantaranya cukup realistis, namun satu yang terakhir mungkin banyak orang akan mengatakan hampir mustahil. Berikut tiga trip tersebut:

1. Jakarta – Lombok
Yaitu touring menuju timur Indonesia dari Jakarta. Trip ini masih sangat realistis untuk dilakukan, karena memang sudah banyak rider yang melakoninya. Dalam trip ini mungkin bukan hanya sekedar untuk mendapatkan kesan perjalanan bersepeda motor semata, namun bila waktu yang disediakan mencukupi bisa digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara seperti; Solo, Yogyakarta, gunung Bromo, Bali dan tentu saja yang terakhir Lombok. Atau melewati 3 kota besar yang menjadi ibukota provinsi di pulau Jawa yaitu Bandung, Semarang dan Surabaya.

2. Jakarta – Km 0 (Sabang)
Bila trip yang pertama adalah menuju timur Indonesia, maka yang kedua adalah menuju Barat Indonesia dari Jakarta bahkan paling Barat Indonesia atau biasa disebut Km 0 di kota Sabang. Trip ini masih sangat realistis karna tidak sedikit rider yang sudah melakoni trip ini namun dibanding trip yang pertama tentu yang trip yang kedua lebih sedikit. Rute trip ini tentunya akan lebih ekstrim dan kental nuansa petualangan ridingnya dibanding rute trip yang pertama karena merupakan jalur lintas Sumatera yang notabene kontur jalannya jauh lebih baik di pulau Jawa dan Bali tentunya dan akan lebih sedikit melewati jalur-jalur wisata daripada trip yang pertama.

3. Jakarta – Mekkah (Umrah)sambil cengar-cengir
Trip yang terakhir ini mungkin kebanyakan orang akan mengatakan tidak realistis atau mustahil. Namun, bila pak Indra Azwan saja kini sedang berjalan kaki dari Malang melewati Jakarta menuju Mekkah untuk ‘mencari’ keadilan di hadapan Allah. Atau dua warga negara Cape Town, Afrika Selatan, yang bernama Nathim Cairncross dan Ahmad Haron bersepeda melintasi 12 negara, memakawan waktu sembilan bulan untuk mewujudkan mimpinya pergi Haji ke Mekkah sudah terlaksana. Tentu akan lebih memungkinkan lagi bila menggunakan sepeda motor yang nota bene tidak lebih melelahkan daripada jalan kaki dan bersepeda. Selain lebih ekstrim dan penuh petualangan, tentu trip ini memadukan nuansa dan tujuan relijius yaitu umrah atau haji yang merupakan kewajiban dalam agama Islam sekali seumur hidup. Meski demikian, cita-cita dan keinginan melakoni trip ini bukan berarti mengesampingkan kesempatan bila sudah mampu pergi haji atau umrah menggunakan pesawat, tentu hal ini akan diutamakan.

Well…. Bagi pembaca artikel ini yang memang memiliki hobi dan minat yang sama untuk melakoni baik satu atau ketiga trip di atas monggolah kita diskusi, sharing mulai dari comment box, email atau japri (jaringan pribadi) lainnya. Insya Allah mungkin saja bisa menemukan kesepakatan untuk menggelar touring dengan salah satu atau ketiga trip di atas suatu waktu nanti – entah kapan, hehehehe….

Salaaam….

gambar nyomot di:
http://www.viewtourism.com/2011/04/the-beauty-of-lombok-island-in-indonesia/sunset-beauty-view-in-lombok-island/
http://myaceh.blogspot.com/2011/10/tugu-kilometer-nol-aceh.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s