Test Result MotoGP Valencia – Repsol Honda masih Mendominasi

Sebagaimana kita ketahui bahwa MogoGP musim 2012 meregulasikan penggunaan motor 1000 cc. Regulasi ini nampaknya mampu membuka kesempatan untuk tim-tim baru khususnya tim CRT (Claiming Rule Team) untuk ikut serta dalam ajang Motogp tahun depan dikarenakan sudah banyak konsep mesin 1000 cc yang beredar di pasaran seperti Honda CBR, Yamaha R1, BMW 1000RR dan lainnya, untuk selanjutnya dikombinasikan dengan sasis prototype seperti Moriwaki, Kalex, Suter dan sebagainya.

Namun berdasarkan hasil tes resmi dua hari setelah seri MotoGP Valencia 2011 usai nampaknya dominasi masih belum berubah. Repsol Honda masih berada di puncak menempatkan dua pembalapnya sekaligus, Pedrosa dan Stoner. Selanjutnya Yamaha Factory masih belum mampu memecah dominasi Repsol Honda dengan pembalapnya Ben Spies meski harus menghabiskan 70-an lap dibanding dengan pembalap Repsol Honda yang hanya cukup dengan 40-an lap. Spies masih terpaut 1 detikan dari dua pembalap Repsol Honda tersebut. Entah bila Lorenzo ikut tes ride pada sesi tersebut apakah ia mampu mengimbangi lap time Pedrosa dan Stoner. Namun dari hasil test ride motor protorype M1 1000 cc 3 bulan lalu di Ceko, lap time Lorenzo pun masih belum bisa mengalahkan lap time Stoner di atas RC213V.

Suzuki cukup tampil mengejutkan dengan meski masih menggunakan mesin 800 cc. Dengan mengundang pembalap Ducati, Randy de Puniet ia mampu berada di tempat ke-4 bahkan di atas pembalap Ducati lainnya seperti Rossi yang sudah menggunakan mesin 1.000 cc (GP 12). Nampaknya perubahan ekstrim pada sasis Desmosedici ke sasis konvensional (Alumunium) masih belum signifikan membantu para pembalap Ducati tuk bersaing di papan atas. Lihatlah Rossi yang masih di bawah De Puniet yang menyemplak Suzuki GSV-R 800 cc, Barbera yang masih di bawah Dovizioso yang juga hanya menggunakan mesin Yamaha M1 800 cc, atau Karel Abraham yang masih di bawah juara dunia Moto2 2011 yang menunggangi Honda RCV 800 cc pula. Padahal semua pembalap Ducati tersebut sudah menggunakan mesin 1.000 cc (GP 12).

Bagaimana Dengan Tim CRT?

3 tim CRT yang melakukan test ride kemarin tidak mampu berbicara banyak. Baik mesin BMW berkaus Suter, Kawasaki-Immotec dan juga mesin pabrikan Italia, Gapam masih terpaut sangat jauh dari dominasi tim-tim pabrikan yang sudah cukup mapan hingga 5-8 detikan. Apakah tim-tim CRT ini hanya akan menjadi penggembira saja di MotoGP musim 2012 untuk sekedar memenuhi grid. Sayang sekali memang namun beginilah atmosfer persaingan balap motor kelas paling premium sedunia ini.

Official MotoGP Test, Valencia

Session 1 as of 17:04 – 08/11/11

Pos/Rider/Team/Fastest lap/Prev. Gap/Lead. Gap/Laps

1/Dani Pedrosa/Repsol Honda Team/1:32.186/-/-/40
2/Casey Stoner/Repsol Honda Team/1:32.322/+0.136/+0.136/42
3/Ben Spies/Yamaha Factory Racing/1:33.226/+0.904/+1.040/73
4/Randy De Puniet/Rizla Suzuki MotoGP/1:33.544/+0.318/+1.358/55
5/Cal Crutchlow/Monster Yamaha Tech3/1:33.652/+0.108/+1.466/75
6/Valentino Rossi/Ducati Team/1:33.857/+0.205/+1.671/71
7/Andrea Dovizioso/Monster Yamaha Tech3/1:33.859/+0.002/+1.673/49
8/Hector Barbera/Pramac Racing Team/1:34.174/+0.315/+1.988/57
9/Stefan Bradl/LCR Honda MotoGP/1:34.330/+0.156/+2.144/62
10/Karel Abraham/Cardion AB Motoracing/1:34.393/+0.063/+2.207/61
11/Franco Battaini/Ducati Team/1:35.371/+0.978/+3.185/29
12/kousuke Akiyoshi/Repsol Honda Team/1:35.728/+0.357/+3.542/34
13/Ivan Silva/BQR Inmotec/1:37.159/+1.431/+4.973/44
14/Carmelo Morales/TeamLaglisse/1:38.989/+1.830/+6.803/33
15/Gianluca Nannelli/Grillini Team/1:39.173/+0.184/+6.987/24
16/Federico Sandi/Grillini Team/1:39.827/+0.654/+7.641/9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s