Tidak Ada yang Diraih dari Kebut-kebutan di Jalan

Saya pribadi suka motor yang bisa lari kencang, tapi ketika melihat kejadian motor tabrakan miris juga dan membuat saya mikir; apa untuk seperti ini motor yang kencang.

Kemarin sore saya melihat sebuah motor Yamaha V-Ixion (jangan salahkan motornya ya) yang rusak berat di pinggir jalan arteri Cibubur. Pantas saja macet, ternyata banyak pengendara yang memelankan laju kendaraannya demi melihat bekas-bekas kecelakaan tersebut.

V-Ixion berfairing itu rusak parah, fairing modifikasinya hampir copot, lampu depan hancur, speedometer koplak dan garpu rodanya pun bengkok hampir patah, serta bensin berceceran di lokasi kejadian. Kemudian saya melihat pengendaranya, hmmmmm dari wajahnya sih sepertinya berusia di atas kepala 3, oalaaaaaah udah kepala 3 kok masih alay sih pak.

Meski saya tidak melihat persis saat kejadiannya, saya sampai berpikir; bagaimana cara ngebetot gas-nya nih orang sampai-sampai nabrak tiang listrik yang berjarak 1 meter dari batas jalan.

Well saya rasa bukan untuk hal seperti ini pabrikan membuat motor kencang. Itu baru V-ixion, bagaimana kalau Ninja, CBR 250 yang bisa lebih kencang? Apakah harus dilarang pabrikan mengeluarkan motor kencang?

Punya motor kencang bukan berarti harus digunakan layaknya Stoner atau Lorenzo cara berkendaranya di sirkuit. Gas pol lah, late braking lah, wheelie lah ckckckckck. Tapi kita berkendara di jalan umum mas bro, jadi gunakanlah cara-cara berkendara yang elegan dan pantas untuk diterapkan di jalan dimana banyak orang lain berkendara disana dan tidak ada piala yang dikejar. Kalaupun harus keluar power maksimal motor kita haruslah dalam kondisi jalanan yang sedang mendukung seperti kosong beberapa kilometer dan jalanan cukup besar untuk bermanuver. Cara menarik gas-nya pun dipijit bukan dibetot, serta selalu mengambil jarak aman untuk braking. Selama kondisi jalanan tidak memungkinkan untuk mengeluarkan power maksimal motor kita ya sabarlah dan hargai pengendara lain. Dengan begitu kita tak akan disebut ALAY.

Keep safety mas bro…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s