Akurasi Speedometer Honda Tiger Revo dan Honda Scoopy

Sebagian para biker mungkin sudah mengetahui bahwa kecepatan yang ditampilkan speedometer baik yang digital maupun analog pada setiap sepeda motor harian pasti tidak mempresentasikan kecepatan yang sebenarnya. Sepertinya hal ini dilakukan oleh pabrikan untuk efek kehati-hatian yang ekstra kepada setiap biker. Namun seberapa jauh sih tingkat penyimpangan kecepatan yang tampil di speedometer sebuah kendaraan dibandingkan kecepatan sebenarnya.

Nah pada tulisan singkat ini, saya membuat tes sederhana mengkomparasikan kecepatan motor yang tampil di speedometer dengan kecepatan di GPS yang dijalankan oleh program Runtastic Blackberry App. Motor yang saya gunakan untuk ditest adalah Honda Tiger Revo keluaran tahun 2008 dan Honda Scoopy tahun 2011. Pengetesan untuk Honda Tiger saya lakukan sebanyak 4 sesi yaitu pada kecepatan yang tertera pada speedometer sebesar 40 kph, 60 kph, 80 kph dan 100 kph. Ingin dilanjutkan sesi ke-5 Honda Tiger untuk kecepatan 120 kph namun tak ada jalan yang cukup kosong untuk mendukung sesi tersebut, maka dicukupi saja hingga 100 kph. Kemudian untuk Honda Spacy, karna motor masih berstatus inreyen maka tes hanya dilakukan 2 sesi pada kecepatan yang tertera di speedometer 40 kph dan 60 kph.

Berikut hasilnya saya tampilkan dalam bentuk tabel:

Test Result
Honda Tiger Revo 2008
Session Speedometer GPS (Runtastic) Deviasi %
1 40 kph 37,2 kph 2,8 7,53
2 60 kph 56,6 kph 3,4 6,01
3 80 kph 72,8 kph 7,2 9,89
4 100 kph 90,5 kph 9,5 10,50
Average 8,48
Test Result
Honda Scoopy 2011
Session Speedometer GPS (Runtastic) Deviasi %
1 40 kph 28,3 kph 11,7 41,34
2 60 kph 52,8 kph 7,2 13,64
Average 27,49

Perbandingan dengan Kawasaki Ninja 150L dan Yamaha Byson

Lalu bagaimana dengan jenis motor lainnya? Berhubung motor yang bisa saya gunakan hanya dua di atas, maka tes motor jenis lain untuk Kawasaki Ninja 150L dan Yamaha Byson saya contek hasilnya dari Bro IWB dimana tesnya dilakukan dengan aplikasi yang sama dan sudah direport di blognya sendiri terlebih dahulu.

Test Result
Kawasaki Ninja 150L 2011
Session Speedometer GPS (Runtastic) Deviasi %
1 80 kph 62 kph 18 29,03
2 120 kph 91,8 kph 28,2 30,99
Average 30,01
Test Result
Yamaha Byson
Session Speedometer GPS (Runtastic) Deviasi %
1 80 kph 75,6 kph 4,4 5,82
2 108 kph 102,5 kph 5,5 5,37
Average 5,59

Nah berdasarkan data-data diatas kita bisa melihat bahwa Yamaha Byson adalah motor yang paling memiliki keakuratan speedometer dibanding kecepatan di GPS (ya mungkin benar kata mas IWB karna faktor impor dari India yang dikenal memiliki akurasi speedometer lebih baik), sedangkan Kawasaki Ninja 150L adalah motor yang paling menyeleweng jauh speedometernya. Dan khusus untuk Honda Scoopy terdapat keanehan pada kecepatan 40 kph di speedometer yang menyimpang teramat jauh dari kecepatan GPS (41,34 %) namun terkoreksi cukup signifikan pada sesi 2 hingga menjadi 13,64%.

Jadi kira-kira menurut saya bila 3 motor (Tiger, Ninja 150L dan Byson) dijejerkan pada kecepatan 90 kph menurut GPS, maka speedometer Tiger akan menampilkan kecepatan 100 kph, Ninja akan menampilkan 117 kph dan Byson akan menampilkan 95 kph.

Saya sebagai pengguna Honda Tiger Revo tersebut pernah mencapai top speed 125 kph di speedometer yang artinya kira-kira kecepatan real menurut GPS adalah 113 kph. Nah untuk menyamai kecepatan ini maka Ninja 150L perlu mencapai speed 147 kph di speedometernya (wooow… gimana ga gede kepala tuh rider ninja kalo mo mentokin motornya ke speed tersebut), sedangkan Byson untuk menyamainya perlu mencapai speed 119 kph di speedometer (denger-denger sih ada yang bisa mencapai speed mengendarai Byson hingga 120 kph di speedometer).

Jadi menurut saya, top speed tidaklah menjadi sesuatu yang dibanggakan bagi pengguna motor-motor sport harian, karena sepertinya ‘hampir sama’, namun yang membedakan adalah akselerasinya.

*)Note: Semua motor tersebut dalam keadaan orisinil (standard pabrikan).

16 responses to “Akurasi Speedometer Honda Tiger Revo dan Honda Scoopy

    • Yang ane rasain, akselerasi putaran bawah tiger kalah dari byson, tapi putaran atas tiger menang dari byson ditambah lagi nafas tiger lebih panjang. Tapi top speednya akhirnya sama juga realnya cuma byson lebih lama mencapai top speed realnya itu

  1. Ping balik: Impresi 3 tahun bersama Honda Tiger Revo | Hidup Yang Selalu Baru

  2. top speed byson kakak sy cuma 109 km/jam spedometer bro. Sy coba sendiri, bb 74 kg, posisi nunduk pake pertamax. Sepertinya jg msh kalah dg tiger dan vixion.
    Good info gan, ente gambarin kec apa adanya.
    Tinggal cbr 250r sy msh penasaran, kata ridernya bisa 160 km/jam lebih di spedometer. Kq kalah ya ninja 250r sy aj mentok 160 km/jam.

  3. Adit pun bersabdah : Cucuku jangan kenceng kenceng kalo jatuh dari motor tuh malu rasanya , apalagi jatoh dari tiger dijamin susah bangun mesti di angkat 1-2 orang huhhu (pengalaman pribadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s