Final Result MotoGP Jepang – Pedrosa Menang, Lorenzo pun Dapat Angin

MotoGp Jepang yang digelar di sirkuit Motegi memang sangat dramatis. Bahkan sejak race belum digelar pun penuh dengan drama pemboikotan.

Ketika start Stoner mampu mengamankan posisinya dengan perkasa hingga beberapa lap, namun kemudian sepertinya ia melakukan kesalahan fatal ketika shift down sehingga menyebabkan ban belakangnya wheelie dan ia pun sempat out of track. Karena kejadian tersebut menyebabkan posisinya melorot ke posisi 7. Namun hanya butuh 2-3 lap baginya untuk mengovertake Hayden dan Bautista di depannya untuk mengamankan posisinya di podium 3. Hasil yang sangat baik dibandingkan kesalahan yang dilakukannya tentu.

Sementara itu Dovizioso yang merangsek ke posisi kedua setelah start kebagian apesnya juga. Ia harus ride through penalty karena melakukan jump start bersama-sama dengan Simoncelli dan Crutchlow. Karena penalty tersebut Dovi dan Simoncelli posisinya anjlok ke posisi 10 dan 11.

Sebagaimana Stoner yang mampu dengan mudah melewati beberapa pembalap di depannya dengan motor RC212V-nya, Dovi dan Simoncelli yang dengan motor yang sama pun melakukan yang dilakukan Stoner hingga keduanya mencapai posisi 4 dan 5. Justru disinilah momen yang paling seru dari seri Motegi, pertarungan duo Italian dengan motor yang memilik spek sama keluaran HRC akhirnya dimenangkan oleh Simoncelli.

Dengan terjadinya kesalahan yang dibuat Stoner, dan penalty yang menimpa Dovizioso, otomatis tanpa susah payah posisi 1-2 direbut duo espanola Pedrosa dan Lorenzo. Setelah mendapat posisi terdepan Pedrosa sempat bermain aman, namun ketika menyadari Lorenzo mulai mendekat hingga 1/2 detikan, Pedrosa pun ngacir kembali menjauhi Lorenzo hingga 7 detik sampai garis finish. Dengan demikian Lorenzo meski meraih podium 2, ia sedikit mendapat angin karna memperkecil gapnya dengan Stoner di klasemen menjadi 40 poin. Meskipun tentu masih berat buatnya menyalip Stoner di klasemen mengingat 3 race tersisa dan 1 race di antaranya digelar di rumahnya Stoner yang mana ia selalu menjadi langganan juara disitu.

Beberapa hal yang disayangkan terjadi disini menimpa para rider yang nampaknya sedang on fire dengan motornya, mulai dari Rossi yang terjatuh tak lama setelah start karna ruangnya sempat tertutup oleh Lorenzo. Jatuhnya Rossi pun berakibat buruk bagi Spies yang tersenggol motor Rossi sehingga ia sempat keluar lintasan. Bautista yang sedang nyaman di posisi ke-4 pun terjatuh karna kehilangan grip bannya. Kemudian Elias yang tumben-tumbenan ada di posisi ke-6 pun juga terjatuh. Selain mereka mengikuti pula Barbera dan debutan Damian Cudlin yang terjatuh, bahkan Barbera harus dibopong dengan tandu.

Well… Seri Motegi seperti memberikan kutukan kepada seluruh rider kecuali Pedrosa dan Lorenzo, karena sempat diboikot oleh para rider karna mengkhawatirkan radiasi nuklir akibat gempa Fukushima beberapa bulan lalu.

Berikut hasil lengkapnya:

Pos. Rider/Nation/Team/Time+Gap
1. Pedrosa/SPA/Repsol Honda/42.47,481
2. Lorenzo/SPA/Yamaha Factory/+7,299
3. Stoner/AUS/Repsol Honda/+18,380
4. Simoncelli/ITA/San Carlo Honda Gresini/+23,550
5. Dovizioso/ITA/Repsol Honda/+23,691
6. Spies/USA/Yamaha Factory/+37,604
7. Hayden/USA/Ducati/+39,167
8. Edwards/USA/Monster Yamaha Tech 3/+45,023
9. Aoyama/JPN/San Carlo Honda Gresini/+49,074
10. De Puniet/FRA/Pramac/+59,022
11. Crutchlow/GBR/Monster Yamaha Tech 3/+1.13,964
12. Akiyoshi/JPN/LCR Honda/+1.21,709
13. Ito/JPN/Honda Racing/+1.26,381

DNF
Elias/SPA/LCR Honda/7 laps
Bautista/SPA/Rizla Suzuki/11 laps
Cudlin/AUS/Pramac/11 laps
Barbera/SPA/Mapfre Aspar/23 laps
Rossi/ITA/Ducati/24 laps

4 responses to “Final Result MotoGP Jepang – Pedrosa Menang, Lorenzo pun Dapat Angin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s