Totok Pembuluh Darah atau Bekam

Well… Hari ini saya mencoba merasakan khasiat pengobatan tradisional Cina yaitu totok sirkulasi. Dan saya ingin membandingkannya sedikit dengan pengobatan Islami (nabawi) yaitu bekam yang sudah biasa saya lakukan sebelumnya.

Tentu bukan kapasitas saya untuk membandingkan khasiat medis dari kedua pengobatan tersebut berdasarkan analisa ilmiah. Tapi yg ingin sedikit saya bandingkan adalah efek instant yang segera dirasakan tubuh setelah pengobatan tersebut.

Nah, berdasarkan hal itu saya lebih prefer ke bekam dikarenakan efek instant yang dirasakan oleh tubuh jauh lebih terasa dampaknya, seperti badan terasa lebih ‘ringan’ untuk beraktifitas, pandangan cerah, dan tidur lebih nyenyak sehingga istirahat bisa optimal. sedangkan totok sirkulasi darah seolah hanya sebentar saja efek instant yg dirasakan tubuh khususnya ketika proses totok itu sedang berlangsung. Namun bagaimana perbandingan efek jangka panjangnya saya belum mampu melakukan survey antara para pasien bekam dengan totok sirkulasi darah.

Namun bagi penyuka pengobatan non kimiawi, kedua hal ini tentu menjadi pilihan yang tepat karena keduanya memiliki bukti sejarah yang kuat yang pernah menjadi fenomenal bagi peradaban dan generasi manusia.

3 responses to “Totok Pembuluh Darah atau Bekam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s