Mengkritisi Hak Veto di PBB – Palestina Merdeka

PBB adalah lembaga yang menaungi perwakilan negara-negara di dunia, bekerja untuk kepentingan global dan menyentuh seluruh bidang. Dalam setiap pengambilan keputusannya tentu demokrasi dan musyawarah mufakat menjadi jalan yang digunakan oleh organisasi tersebut.

Namun semua itu menjadi cacat, tak berarti dan hanya formalitas belaka bila hak veto masih berlaku dalam organisasi tersebut, karena secara gamblang bertentangan dengan prinsip demokrasi yang mereka junjung. Bagaimana tidak, sebuah keputusan yang mungkin sudah disepakati oleh 99% anggota PBB bisa dibatalkan begitu saja bila ada satu negara saja yg memegang hak veto tidak sepakat dengan keputusan tersebut kemudian memveto keputusan tersebut.

Kalau tidak salah saat ini hak veto di pegang oleh 5 negara, diantaranya, AS, Rusia dan Cina. Nah di saat sudah begitu banyak negara di Eropa dan Amerika Selatan (kalau Asia dan Afrika jangan ditanya) yang mengakui kemerdekaan Palestina, dan Rusia menganjurkan Palestina masuk dalam keanggotaan PBB, sehingga wacana pengakuan kemerdekaan Palestina mulai masuk ke meja Dewan Keamanan PBB. Tiba-tiba saja negeri uncle Sam yang ngaku-ngaku bapaknya demokrasi mengancam keputusan dewan keamanan PBB tersebut dengan hak veto-nya.

Tentu ancaman ini mengindikasikan beberapa hal. Diantaranya, tak dapat dipungkiri lagi bahwa AS adalah sekutu utama Israel yang menjajah tanah Palestina. Kedua, kampanye perang teroris dalam rangka membebaskan rakyat timur tengah adalah omong kosong selama disisi yang lain AS tidak membantu membebaskan Palestina dari bombardir Israel bahkan dengan bom fosfor putihnya yang dilarang digunakan. Ketiga, PBB bukanlah tempat yang representatif menjadi sebuah perwakilan global selama hak veto tersebut masih berlaku.

Palestina merdeka, Allahu akbar

2 responses to “Mengkritisi Hak Veto di PBB – Palestina Merdeka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s