Penyimpangan Speedometer Ninja (150L) besar sekali

Setelah membaca blog IWB tentang komparasi speedometer Ninja 150L dengan GPS ternyta memang benar-benar mengagetkan. Untuk angka 80 kpj yang dihasilkan speedometer si ninin ini ternyata di GPS menunjukkan angka 62 kpj, sedangkan untuk angka 120 kpj di speedometer ternyata di GPS cuma menunjukkan angka 91,8 kpj, bbaaaaaaahhhh…… penyimpangannya sekitar 25%.

Pantas saja dulu saya pernah main kejar-kejaran dengan Ninja 150L ini di Serpong namun cukup membuat saya heran kok si Ninja ini sulit sekali meninggalkan saya terlalu jauh, bahkan pernah mendapatkan dua kali momen saya melewati si ninin di gigi 3 / 4 meski akhirnya di lewatin lagi. Ternyata jangan-jangan saat itu si rider ninin sudah ketar-ketir bin khawatir kali ya karna kecepatan motornya sudah mencapai 150 kpj-an sedangkan Tiger saya mentok di 120-125 kpj saat itu. Maklum saya juga pernah membaca sudah lama sekali mengenai penyimpangan speedometer Tiger namun hanya berkisar pada angka 10%. Namun sayang saya lupa alamat website-nya, namun waktu itu saya dapat referensi itu setelah ‘ngubek-ngubek’ situs HTML (Honda Tiger Mailing List).

Kalau Ninja 150L memiliki penyimpangan sebesar itu lalu bagaimana dengan spesies lainnya seperti Ninja 250R atau 150rr. Yah ini sih sebagai masukan aja buat para pengguna Ninja yang pecicilan agar tak terlalu sesumbar dengan motornya.

15 responses to “Penyimpangan Speedometer Ninja (150L) besar sekali

  1. Ping balik: Speedometer Ninja 150 vs Speedometer Ninja 250 Tepatan Mana Menurut Anda? « Bonsai Biker

  2. Hasil tes pribadi dg ninja 250r 100 km/jam dan hasil rekaman gps menunjukan 92 km/jam gan. Berarti penyimpangan cm 8%, saat top speed 160 km/jam ternyata rekaman gps terbaca 146 km/jam kadang 147 km/jam.
    Kl di ninja 250r 160 km/jam berarti di ninja 150r udah 194 km/jam ya…
    Pantesan tiap saya adu kebut di jalan dg kec 150 km/jam saja ninja 150r udah ketinggalan. Sy pikir rider ninja 150r sengaja mengalah tp setelah ketemu lebih dari 5x hasilnya juga tetep. Malah pernah saya boncengan dan rider ninja 150r sendirian hasilnya juga tetep saat kecepatan saya 150 km/jam si ninja 150r udah kesalip.
    Kalau sama ninja rr pernah juga berkali2 tp waktu ketemu dijalan saat kecepatan diatas 100 km/jam langsung saya geber sampe 160 km/jam dan si rr juga masih dibelakang blm bisa nyalip. Tp pernah juga dijalanan berbelok2 yg susah geber diatas 130 km/jam saya dibantai sm ninja rr.
    Itu kondisi ninja 250r msh standar blm ganti apa2.
    Padahal di forum ninja cyber banyak yg motornya bisa lari lebih dari 180 km/jam bahkan ada yang 200 km/jam.
    Demikian pengalaman dari saya jujur apa adanya mngkin bisa berbagi pengalaman dg rider lainya. Trmksh

  3. menurut saya juga gitu mas, kebanyakan rider ninja 150r ketakutan liat spedometer motornya yg bengkak diatas 175 km/jam. pernah juga ada yg alay geber2 dan tarik gas pol lalu sy lewati kemudian ga geber2 lagi hanya buntuti diblkng sy aj dg kec dbwah 130 km/jam. Mgkin dy pikir ninja 250r kenceng amat bisa lari lbih 180 km/jam pdhal dy g tau kl motor saya wktu nyalip dy hanya 150 km/jam

  4. simpangan akurasi spido ninja bukan apa-apa, memang dibuat gitu demi keamanan biar rider gak ngebut, coba kalo rider niat beneran, gak ada ceritanya tiger bisa ngekor ninja 150R, apalagi saat superkips bekerja,,mak wuiiingggggg badan serasa ketarik kebelakang, silakan bagi yg masih penasaran pingin buktiin power ninja, ninja memang lelet di tarikan awal, tapi setelah 8000RPM jangan bandingkan tarikannya ama motor 4 tak 250ccsekalipun.

    • Ane juga nyesel miara ninja 2 tak.. Lemot abis gan mending supra fit aja kakaknya si ninin digarasi ha ha.. Jangan pada beli ninja 2t deh sumpah lemot :p

Tinggalkan Balasan

