Patin Omega 3 Bakar Bambu

Patin Omega 3 Bakar Bambu

Di Bekasi terdapat sebuah rumah makan yang menyediakan menu masakan patin yang cukup bervariatif untuk ukuran pulau Jawa / Jakarta dimana ikan patin masih terasa kurang digemari dibandingkan di pulau Sumatera. RM Sangkuriang yang terdapat di daerah Jati Asih, Bekasi. Tepatnya dari Jati Asih (Komsen) menuju jalan akses yang melintasi Villa Nusa Indah dan dapat tembus ke Bantar Gebang. Rumah makan ini letaknya sebelum Villa Nusa Indah tersebut di sebelah kanan jalan, jadi kalau kita hendak menuju kesana dari arah Jati Asih (Komsen) namun sudah sampai Villa Nusa Indah berarti sudah terlewat.

Terdapat menu patin bakar, patin goreng, patin renyah pedas dan sup patin. Namun yang cukup unik adalah menu yang diberi nama oleh rumah makan ini dengan “Patin Omega 3 Bakar Bambu”, mungkin karena ikan patin adalah ikan yang paling banyak mengandung minyak ikan dibanding ikan tawar lainnya, di sisi lain juga ikan patin merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan kadar protein dengan nilai ekonomis lebih tinggi (lebih murah) dari pada tahu/tempe bahkan daging sekalipun.

Di restoran lain menu ini ada yang dinamakan Bronkos Patin. Sajian olahan ikan patin yang dibungkus daun pisang beserta bumbu-bumbunya kemudian dimasukkan ke dalam bambu, lalu bambu tersebut dibakar hingga patin di dalam bambu tersebut matang. Bila sudah matang bambu dibelah setengah sehingga tampillah bungkusan daun pisangnya kemudian disajikan di atas piring beserta bambunya (tapi bambunya jangan dimakan ya).

Saya bukanlah orang yang pandai menilai rasa dari sebuah masakan secara detail, tapi yang jelas menu ini cukup lezat karena bumbu terasa begitu meresap ke daging. Sehingga saya yang kurang suka dengan karakter daging ikan yang terlalu lembut dapat tertutupi oleh resapan bumbu tersebut. Terlebih lagi menikmatinya dibarengi dengan lalapan dan sambal terasi yang menggugah selera saya, maknyossss…….

Selamat menikmati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s