Bengkel Ahass Honda bikin Geregetan

Ahass Angkasa 9645

Saya adalah seorang pengendara Honda Tiger Revo lansiran tahun 2008. Beberapa hari ini motor tersebut mengalami permasalahan, yaitu gas yang tidak bisa langsam pada kitiran 1400-1500 rpm, dan mesin selalu mati ketika dalam keadaan motor berhenti atau ketika shift down biasanya dari gigi 3 ke 2 atau 1 bila gas tidak diperhatikan dengan baik pasti mesin akan mati. Tentu hal ini akan sangat merepotkan saya bila berada di lampu merah atau sedang dalam keadaan macet.

Mekanik pertama

Segeralah pada hari ini pukul 09:30 saya bawa motor tersebut ke bengkel Ahass dimana saya terbiasa menservice motor tersebut disana. Saya ceritakan permasalahan motor tersebut. Akhirnya diputuskan untuk diservice, padahal saya baru menservice 1500 km yang lalu (menurut petunjuk buku panduan service setiap 4000 km). Saya pun tidak meminta ganti oli karna baru 500 km yang lalu saya ganti oli, karna saya terbiasa mengganti oli setiap 1000 km meskipun petunjuk buku panduan setiap 2000 km. Menunggu antrian sekitar 45 menit barulah motor saya ditangani.

Setelah selesai di service saya lihat memang mesin tidak mati ketika kendaraan sedang diam. Namun saya meminta agar saya sendiri yang ngetest motor tersebut. Saya kendarai motor tersebut seolah saya sedang berada dalam kemacetan atau berhenti di lampu merah. Ternyata setelah saya test seolah settingan motor langsung terasa berubah dan kembali mengalami keluhan-keluhan tersebut di atas. Maka saya komplain kembali sehingga motor saya di otak-atik lagi. Manifoldnya ditambahi perekat, angklong busi pun di cek bahkan diisolasi, busi direnggangkan kemudian dinyalakan kembali dan tampak langsam. Namun setelah ditest di jalan settingan langsung berubah dengan cepat, putaran gas tidak stabil dan mesin mati masih saja terjadi. Saya minta busi diganti saja padahal baru 2 hari yang lalu busi diganti. Namun ternyata hasilnya sama saja.

Mekanik Kedua

Tentunya saya komplain lagi, dan akhirnya diputuskan oleh bengkel diservice ulang namun dengan mekanik yang berbeda. Memang sih mekanik sebelumnya terlihat kurang percaya diri menangani Honda Tiger ini dibandingkan mekanik berikutnya. Hmmmmm saya bergumam, kok bisa ya ada mekanik Ahass yag diasumsikan berbeda kemampuan dalam menangani suatu jenis produk. Bukankah semua mekanik ini sudah mendapatkan pelatihan dan lulus uji terlebih dahulu sehingga dinyatakan mampu menangani semua produk motor Honda yang dikeluarkan.

Ya sudahlah silahkan diservice ulang. Setelah diservice ulang ternyata putaran gas masih belum bisa langsam. Barulah mekanik yang kedua ini mulai terlihat kebingunan setelah sebelumnya cukup percaya diri. Namun selanjutnya mekanik ini mengotak-atik sedikit lagi dan TERNYATA……. kabel spull tidak memercikan listrik dengan baik. Ketemulah penyakitnya.

Ketemu sih ketemu, tapi yang mengecewakan adalah ternyata untuk mengetahui spull tidak berfungsi dengan baik hanya dengan menempelkan kabel spull ke bodi mesin, itu saja. Lalu kenapa saya harus menunggu sampai 4 jam lebih untuk mengetahui penyakit motor saya. Kenapa sang mekanik hanya berpatokan menyelesaikan permasalahan ini pada service saja, tidak dianalisa terlebih dahulu kira-kira potensi permasalahan ini apa saja. Kenapa saya harus terkenan beban biaya 61 ribu terlebih dahulu padahal hal itu tidak menghasilkan jangankan hasil yang baik, bahkan diagnosanya saja ga ketahuan.

Karna kecewa, ditambah sudah cape karena harus menghabiskan waktu 4 jam lebih di bengkel dan juga harus ada aktivitas yang saya kerjakan. Maka karna akumulasi hal tersebut saya putuskan jangan ganti spull, yang sudah diminta oleh pihak bengkel untuk diganti dimana harga spull tersebut 400 ribu rupiah. Ah sudahlah nanti saja saya sudah terburu-buru karna waktu sudah menunjukkan pukul dua siang.

4 jam lebih dibengkel ditambah biaya yang saya keluarkan, namun motor saya keluar bengkel dalam kondisi yang sama ketika masuk bengkel. Mohon perhatian lah……..

2 responses to “Bengkel Ahass Honda bikin Geregetan

Tinggalkan Balasan

