Final Result MotoGP Silverstone – Race yang Dramatis dan Penuh Kekecewaan

Repsol Honda “Rain Master” – Stoner Menggila

Ketika mengetahui kondisi cuaca di sirkuit Silverstone, Inggris hujan, sudah terbayang bahwa race akan sangat unpredictable dan akan banyak yang berjatuhan. Dan ternyata benar saja, tiga pembalap yang menjadi unggulan berjatuhan (Spies, Lorenzo dan Simoncelli).

Namun bagi pembalap-pembalap Repsol Honda (Stoner dan Dovizioso) nampaknya keadaan ini tidak terlalu bermasalah. Dengan mulus keduanya bisa naik ke podium untuk posisi pertama dan kedua.

Lorenzo start sangat baik hingga mampu menyodok ke posisi pertama, seperti race sebelumnya di Catalan, ia hanya bisa memimpin satu putaran di awal. Pada lap kedua kembali Yamaha YZR M1 milik Lorenzo dipecundangi oleh 3 Honda RC212V sekaligus yaitu Dovizioso, Stoner dan Simoncelli.

Kemudian terjadi battle antara teman setim Repsol Honda, Dovi dan Stoner, tidak butuh lama bagi Stoner mengatasi rekannya ini. Setelah Dovi bisa dilewati, Stoner langsung ngaciiiiirr…. Jauuuh…… sampai-sampai De Puniet dan Barbera pun di over lap olehnya. Stoner memang gila, meskipun hujan.

Sadar tak mampu mengejar Stoner, Dovi seolah mencoba bermain aman, yang penting tidak crash di tengah sirkuit yang wet tersebut. Hal ini dimanfaatkan oleh Lorenzo yang telah melewati Simoncelli yang sempat keluar jalur. Maka terjadi battle yang cukup seru antara Dovi dan Lorenzo.

Ironi Hohe

Bila pada seri Jerez, Lorenzo (Hohe) mendapatkan keuntungan dari hujan sehingga dia bisa meraih podium pertama, tidak untuk kali ini. Bila di seri Jerez Hohe berusaha bermain aman dan konsisten, kali ini mungkin terdorong emosinya untuk menjaga posisi puncaknya di klasemen agar tidak terenggut oleh Stoner, maka ia berusaha keras melewati Dovi agar bisa meraih podium kedua. Battel yang seru pun terjadi antara Dovi dan Hohe.

Dovi menyadari Hohe sudah dekat di belakangnya, sehingga mulai tancap gas lagi setelah sebelumnya bermain aman. M1 memang ga mampu melawan performa RCV tahun ini. Berulangkali Hohe mencoba menyodok baik ditikungan ataupun di straight tetap saja tak mampu, Dovi cukup perkasa dan punya mental yang tangguh menaklukkan kondisi hujan sepertinya sehingga yang biasanya Hohe paling jago overtaking di tikungan kali ini tak berhasil.

Battle di atas dimanfaatkan oleh Simoncelli yang tertinggal agak jauh di belakang Hohe krn sebelumnya sempat keluar jalur untuk mendekat. Maka kali ini battle melibatkan 3 pembalap, namun naas M1 Hohe kehilangan grip dan terjatuh. Kejadian ini begitu mengecewakan buat Hohe karena posisi puncaknya harus direbut oleh Stoner, bahkan kini ia tertinggal 18 poin.

Fase Kemalangan bagi Simoncelli The rookie

Setelah Hohe terjatuh, battle antara Dovi dan Simoncelli pun terjadi, kali ini duel lebih seru nampaknya karna keduanya sama-sama menunggang motor yang sama. Namun Dovi lebih berpengalaman dan memiliki mental yang tenang, Simoncelli pun crash. Dovi pun melenggang mengamankan posisi podium kedua.

Hal ini juga menambah daftar kemalangan bagi Simoncelli di tahun ini, tercatat di musim ini dia mengalami 4 kali kemalangan. 3 kali jatuh dan sekali mengalami technical problem pada motornya minggu lalu di Catalunya. Mungkin ini adalah fase yang harus dilewati bagi seorang rookie.

Keadaan ini (Hohe dan Simoncelli jatuh, red:) memberikan keuntungan bagi Colin Edward (Yamaha Tech 3) untuk mengambil podium 3. Tentu benar-benar merupakan keberuntungan buatnya karena ia baru saja didera cidera patah tulang selangka pada seri yang lalu. Honda pun gagal kembali menguasai semua podium.

‘0’ Buat Yamaha Factory Racing

Kenapa demikian? Karna pada lap yang sama ketika Hohe terjatuh atau tepatnya beberapa saat sebelum Hohe terjatuh, rekan setimnya (Ben Spies) pun terjatuh, bahkan dikabarkan Spies langsung dibawa ke bagian perawatan. Hingga tulisan ini saya buat, masih belum diketahui kabar Spies. Dengan demikian pada seri ini Yamaha Factory Racing sama sekali tidak mendapatkan poin alias 0.

Berikut hasil lengkapnya:

AIRASIA BRITISH GRAND PRIX

MotoGP Race Classification 2011 

Silverstone, Sunday, June 12, 2011

Pos. Points Num. Rider Nation Team Bike Km/h Time/Gap
1 25 27 Casey STONER AUS Repsol Honda Team Honda 147.9 47’53.459
2 20 4 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team Honda 147.1 +15.159
3 16 5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 146.8 +21.480
4 13 69 Nicky HAYDEN USA Ducati Team Ducati 146.5 +26.984
5 11 19 Alvaro BAUTISTA SPA Rizla Suzuki MotoGP Suzuki 146.1 +35.569
6 10 46 Valentino ROSSI ITA Ducati Team Ducati 144.6 +1’04.526
7 9 17 Karel ABRAHAM CZE Cardion AB Motoracing Ducati 143.3 +1’32.650
8 8 24 Toni ELIAS SPA LCR Honda MotoGP Honda 142.3 +1’51.938
9 7 7 Hiroshi AOYAMA JPN San Carlo Honda Gresini Honda 142.3 +1’52.350
10 6 65 Loris CAPIROSSI ITA Pramac Racing Team Ducati 141.8 +2’03.312
11 5 8 Hector BARBERA SPA Mapfre Aspar Team MotoGP Ducati 139.7 1 Lap
12 4 14 Randy DE PUNIET FRA Pramac Racing Team Ducati 139.5 1 Lap
Not Classified
58 Marco SIMONCELLI ITA San Carlo Honda Gresini Honda 147.1 10 Laps
1 Jorge LORENZO SPA Yamaha Factory Racing Yamaha 146.7 12 Laps
11 Ben SPIES USA Yamaha Factory Racing Yamaha 143.8 13 Laps

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s