Hari ini Stoner Menjajal Motor Prototype Honda 2012

Libur dua pekan menjelang GP Catalunya Spanyol, Honda Racing Coorporation memanfaatkannya untuk menjajal motor prototype Honda terbaru di sirkuit Jerez, motor ini disiapkan untuk Moto GP 2012. Motor ini sebelumnya sudah di-test ride oleh Kousuke Akiyoshi dan Shinichi Ito di sirkuit Suzuka bulan April lalu. Sayangnya test ride kali ini tanpa kehadiran Dani pedrosa yang cedera di Le Mans beberapa hari yang lalu. Sehingga hanya Casey Stoner saja yang menjajal motor tersebut pada hari ini.

Proyek motor prototype terbaru ini memang sudah disiapkan oleh HRC dari tahun 2009 untuk menyambut regulasi Moto GP tahun 2012 yang mengharuskan motor berkapasitas mesin 1000 cc dengan maksimal bore 81 mm 4 slinder.

Hal yang paling krusial dari mesin 1000 cc ini adalah mengenai konsumsi bahan bakar. Regulasi 2012 yang mengharuskan kapasitas tangki tetap 21 liter sebagaimana motor 800 cc sebelumnya. Untuk menghadapi hal ini, Repsol mengirimkan para pakar ke Jepang dan para insyinyur ke Repsol Technology Centre untuk mengembangkan bahan bakar dan pelumas bagi motor ini dengan bertujuan bisa mendapatkan bahan bakar yang tidak hanya efisien tapi juga memberikan kinerja maksimal.

Bagaimana tanggapan Casey Stoner mengenai persiapan motor prototype Honda yang akan dia tunggangi pada balapan Moto GP 2012 nanti:

“Semuanya berjalan sangat baik, sangat positif. Menyenangkan rasanya mengendarai motor 1000 cc lagi, merasakan mesin dan tenaganya. Saya menikmati hari pertama ini karena semua yang kami usahakan sepertinya bekerja, tidak ada keluhan. Hal yang mengecewakan adalah Dani tidak ada disini menjajal motor ini karna ia begitu penting untuk pengembangan motor ini. Saya harap HRC bisa segera mendapatkan masukan darinya karna kami membutuhkan sebanyak mungkin data agar kami siap untuk musim berikutnya. Kami tidak memfokuskan pada sesuatu yang spesial hari ini, hanya untuk mengerti bagaimana motor ini bekerja, bagaimana motor bereaksi ketika braking dan hal-hal seperti itulah sambil mempertimbangkan beberapa masalah yang kami dapati di motor 800 cc. Pengeremannya sepertinya lebih kuat, stabilitas di depan ketika memasuki sudut sepertinya sangat bagus, dan tentu kami ingin mengetahui bagaimana penyaluran tenaganya, dan ternyata sangat lembut jadi tak ada masalah. Secara umum kami tidak melakukan perubahan settingan terlalu banyak dari yang ada di 800 cc sekarang dan rasanya sangat sama. Jadi ini cukup bagus.”

sumber: www.motogp.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s