Pembenihan Ikan Patin

3 tahun telah berjalan saya menjalani usaha pembenihan ikan patin. Bagi sebagian orang memang terlihat aneh karna latar belakang pendidikan yang pernah saya geluti tidak sejalan dengan pekerjaan yang saya lakoni. Tapi itulah hidup, dan saya cenderung mengalir mengikuti arah dalam hal pencarian rizki Allah.

Tepatnya beberapa tahun yang lalu ketika saya masih kuliah jurusan Bahasa Arab di Ma’had Utsman bin ‘Affan (UBA), saya mendengar teman saya mengajak teman-teman yang lain untuk mengikuti pelatihan pembenihan ikan patin yang diselenggarakan oleh Hypop Farm, usaha pembenihan ikan patin yang dimiliki Pak Irwan Dani. Seorang yang dikenal luas di kalangan peternak benih ikan patin baik di Jawa, Sumatera bahkan Kalimantan. Beliau juga salah satu yang menyusun persyaratan Sertifikasi Nasional Indonesia (SNI) untuk benih ikan patin. Selain beliau juga dikenal beberapa kalangan mahasiswa khususnya IPB (Bogor) karena beberapa kali menghadiri seminar perikanan.

Saat itu saya tidak terlalu tertarik dengan ajakan teman. Jangankan melihara ikan, mancing saja saya ga betah gumam saya. Dan saya pun fokus kuliah. Namun selepas kuliah ketika saya mulai terdesak oleh kebutuhan ekonomi, karena sudah berhenti kerja, teringat kembali ajakan teman dahulu. Segera saya hubungi beliau dan intens melakukan survey dan pengamatan sendiri ketempat usaha yang sudah dijalankan teman saya tersebut melalui hasil pelatihan yang ia dapatkan dari pak Irwan Dani.

Bersama seorang teman, modal pun terkumpul dan usaha dijalankan. Pertama kali usaha berjalan kami mendapat prestasi yang cukup bagus untuk ukuran seorang pemula yang tidak mengikuti pelatihan pembenihan, apalagi patin dikenal sulit pemeliharaannya khususnya di masa-masa benih. Kami bisa memanen 35.000 ekor benih dari 150.000 larva yg ditebar (20-25 %). Namun jumlah segitu ternyata dilirik oleh pak Irwan sendiri dan beliau berminat untuk membeli hasil benih saya bahkan diberi harga yg cukup mahal dari harga pasar saat itu, dikarenakan beliau melihat bagusnya kualitas benih yang saya hasilkan.

Selama 2 tahun usaha tersebut terus berjalan, namun tidak pernah mendapatkan hasil yang signifikan, sulit sekali bisa panen di atas 30%, bahkan beberapa kali hasilnya 0 (nol). Berbagai permasalahan teknis dan non teknis kita temui. Namun kami banyak bertanya dan berusaha menemukan teknik pembenihan yang tepat dan efektif. Hingga pada akhir tahun ke-2 kami bisa mencapai target normal yaitu bisa memanen 90.000 ekor benih patin dari 150.000 larva yang ditebar (60 %).

Namun hasil itu masih belum memuaskan saya, karna saya ingin bisa seperti pak Irwan sendiri yang bisa panen 110.000 – 130.000 benih dari 150.000 larva yg di tebar (70-90 %). Dan alhamdulillah kini kami bisa memenuhi keinginan itu, berhasil meningkatkan hasil produksi menjadi 110.000 ekor benih dari 150.000 larva yg ditebar (73 %). Semoga hasil ini terus stabil dan bisa ditingkatkan kembali. Namun satu hal yang bisa kami banggakan pula adalah kami bisa mempekerjakan seorang pengangguran tamatan SD, yang tadinya bukan siapa-siapa di mata masyarakat, kini menjadi dihargai dan memiliki keahlian. Sampai-sampai pak Irwan sendiri yang seorang pakar memberikan pujian kepada beliau. Semoga keberkahan buat kami dan mereka, aamiiin

16 responses to “Pembenihan Ikan Patin

  1. aslm..tuan lee..ini mau bertanya..kalau mau belajar ke pak irwan alamtanya dimana? or punya no kontaknya beliau? terima kasih..
    wasalm

  2. Assalamu’alaikum

    pak Irwan Dani bertempat tinggal di Jati Kramat Bekasi, sepertinya sekarang beliau sudah ga membuka pelatihan lagi. Kalaupun ada pelatihan pasti prosesnya lama karna harus mencari tempat n minimal ada 4 orang baru beliau mau, itu kabar terakhir yg saya tau, soalnya tempat pembenihan milik pak irwan yg dulu sering dipakai untuk tempat pelatihan sekarang sudah ditutup.
    kalau mengenai nomor kontak beliau, saya minta izin beliau dulu ya kalau bertemu beliau, saya takut merepotkan beliau

    trims
    Wassalamu’alaikum

  3. asalamualaikum…
    tuan lee, saya sangat tertarik untuk pembenihan patiin, dan sekarang saya lagi belajar pembenihan lele, apakah tuan lee bisa membantu pemasaran benih patin….
    terimakasih

  4. Assalamu”alaikum.
    tuan lee, saya tertarik untuk berwira usaha dibidang perikanan khususnya ikan pati. kalau ada dan bolah saya minta analisis uasaha buat budidaya ikan patin ini. terima kasih. yusuf abdul malikudin

  5. Asw. Bapak, tulisan anda sangat menarik bagi saya. Bapak, mohon bntunnya, saya mohon untuk di kirimkan kontak beliau ke alamat email saya zaenalspiritwb@yahoo.com..sya butuh untuk konsultasi…jika bapak tidak berkeberatan mohon kiranya saya dikirimkan kontak beliau. Trimkasih atas bantuannya. Was

Tinggalkan Balasan

