The Company Men

Sebuah film drama yang disutradai oleh John Wells dan dimainkan oleh beberapa bintang kenamaan seperti Ben Affleck (Bobby Walker), Tommy Lee Jones (Gene McClary) dan Kevin Costner (kakak ipar Boby  Walker).

Bercerita tentang kegelisahan pria amerika (Bobby Walker, Gene McClary dan Phil Woodward yg diperankan oleh Chris Cooper), ketika mimpi indah kehidupan di Amerika yang sudah mereka raih terusik oleh PHK dari sebuah perusahaan tempat mereka bekerja (GTX) yang disebabkan oleh penurunan nilai saham.

Bobby Walker yang bergelar MBA, yang pertama kali dipecat sebelumnya adalah seorang kepala bagian Penjualan di perusahaan tersebut. PHK telah menggoncangkan hidupnya, namun untuk menghindari rasa malu dia tetap berusaha mempertahankan rumah mewahnya, mobil Porsche miliknya dan kebiasaan bermain golf demi mempertahankan reputasinya sebagai pria sukses berkelas, padahal gaya hidup ini begitu menguras anggaran mereka. Hal inilah yang menjadi pemicu konflik antara dia dan istrinya. Beruntung dia mempunyai istri yang hebat yang setia mendampinginya dalam keadaan susah, dengan kebijaksanaan istrinya berhasil membuat Bobby untuk bisa hidup sederhana dgn menjual rumah dan mobil mewahnya untuk kemudian tinggal di rumah orang tuanya dan meninggalkan kebiasaan bermain golf, dan untuk membantu suaminya tersebut ia rela tuk kembali kerja paruh waktu sebagai karyawan sebuah rumah sakit. Dari situ mereka mencoba untuk bangkit kembali.

Tidak mudah bagi mereka untuk bangkit karena karakter Bobby yang high class employee minded. Berulangkali lowongan pekerjaan ditolaknya karna ia tak rela dihargai dengan gaji yang hanya setengah dari gajinya di GTX, begitu pula berulang kali ia ditolak dari beberapa perusahaan karna terdapat banyak MBA muda dan fresh yang bersaing dengannya. Namun ketika keadaan semakin mendesak, ia mau menuruti permintaan kakak ipar dan istrinya untuk bekerja kepada kakak iparnya sebagai kuli bangunan sambil tetap mencari pekerjaan yang layak untuk menghidupi keluarganya. Dari kakak iparnya pula ia belajar makna sebuah kerja keras dan keteguhan serta kesabaran dalam menjalani hidup di tengah resesi ekonomi yang melanda Amerika.

Naas bagi Phil Woodward, rasa malu dan frustasinya karna dipecat dan juga penolakan dari perusahaan temannya agar ia diterima bekerja di perusahaan tersebut karena usianya yang sudah mencapai 60 tahun benar-benar telah membuat ia kehilangan kendali dan memutuskan bunuh diri di garasi mobilnya. Kejadiaan ini benar-benar membuat duka kedua temannya (Bobby dan Gene) dan sedikit banyak mempengaruhi sikap keduanya untuk lebih sabar dan berpikir keras untuk memperbaiki kehidupan mereka kembali.

Tidak sesulit Bobby dan Phil, Gene McClary yang sebelumnya menjabat sebagai kepala divisi dan anggota dewan perusahaan di GTX lebih bisa bersikap bijak dan tenang menghadapi kenyataan PHK ini. Ia adalah orang yang terakhir di PHK bahkan sebelumnya ia dinobatkan GTX sebagai The Man of The Year atau karyawan terbaik yang paling berperan memajukan GTX. Namun karena kerasnya penentangannya terhadap PHK ribuan karyawan atas nama kemanusiaan, membuat dia pula harus di PHK dari perusahaan tersebut, sekali lagi demi konsep kapitalisme atau kenaikan nilai saham.

Namun, berbekal relasi dan jaringannya yang besar serta distimulus oleh kematian Phil, ia mencoba bangkit dari keterpurukan dengan mendirikan sebuah perusahaan baru nan sederhana di sebuah pelabuhan. Dan ia merekrut beberapa rekan dan ex karyawan GTX yang telah di PHK tersebut termasuk Bobby.

Akhirnya Bobby telah memenangkan kehidupan ini atas egonya sendiri, bahwa ada hal yang lebih berharga dari kesepakatan hidup mewah di Amerika, dialah kesahajaan dan kerja keras dalam membangun kehidupan meski dari titik nol.

Di sisi lain, film ini juga menampilkan kondisi kepribadian penduduk Amerika yang dikungkung oleh sistem kapitalisme dan mental wirausaha adalah mental terbaik dalam menghadapi dinamika kehidupan dunia.

One response to “The Company Men

  1. Minta Izin Numpang Promosi ya…

    LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 JUTA /MINGGU

    Kerja Management dari program kerja online (Online Based Data Assignment Program / O.D.A.P) MEMBUTUHKAN 200 KARYAWAN diseluruh indonesia yang mau kerja sampingan online dengan potensi penghasilan 3 JUTA/MINGGU+GAJI POKOK 2 JUTA/BULAN, Tugasnya hanya ENTRY DATA, per entry @10rb, Misal hari ini ada kiriman 200 data dari O.D.A.P yang harus di ENTRY berarti kita dapat hari ini @10Rb x 200 = 2 JUTA. “BILA ANDA DAFTAR SEKARANG KAMI AKAN BERIKAN Rp 200.000 Untuk menambah semangat kerja Anda”. Lebih Jelasnya kirimkan (NAMA LENGKAP & EMAIL ANDA) Melalui WebSite http://www.penasaran.net/?ref=cdizbb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s