Wiraswasta dan Silaturrahim

Iseng-iseng menjelang subuh mau bikin tulisan karna dari tadi pagi lom ngepost apapun di blog, tapi bingung tema apa yg diangkat. Yah sudahlah mengangkat sedikit khibrah dan ibrah (pengalaman dan pelajaran) ringan sajalah.

Semalam ba’da maghrib saya silaturrahim kerumah seorang teman, just say halo gimana kesiapannya menjelang keberangkatan umrah ke tanah suci. ngobrol punya ngobrol hingga jam 22.oo perbincangan mulai mengarah kepada bentuk bisnis yang kira-kira bisa digarap, tanpa pikir panjang sebagai juragan patin langsung saya follow up arah pembicaraan ini menuju pengembangan usaha yang sedang saya rintis. Dengan berbudget 100 juta rupiah yang sudah di anggarkan setelah mendengarkan presentasi (taelaaah presentasi….) dari saya langsung kita ambil kunci mobil meluncur melihat tanah kosong yang hendak dijual dengan pemikiran tanah ini akan digarap untuk usaha pembenihan ikan patin.

Yup akhirnya pembicaraan saya tutup dengan menyuruh beliau berdoa di bawah naungan ka’bah karna dia akan berangkat umrah hari minggu ini, untuk meyakinkan dirinya ketika terjun di bisnis ini. Kalau memang tidak merasa yakin monggo di arahkan investasinya ke bisnis lain. Di satu sisi saya tidak memaksakan karna saya serahkan pada taufiiq Allah ta’aalaa melalui perantara do’a di bawah naungan ka’bah, di sisi lain agar saya mendapat partner bisnis yang memiliki daya dukung pemikiran dan spiritual untuk sama-sama yakin menggarap usaha ini.

by the way any way bus way, lepas dari apa hasil selanjutnya sepulang beliau dari Mekkah, satu hikmah kecil saja deh yg kita angkat bahwa seorang pengusaha harus banyak-banyak silaturahim. Namun bukan cuma sekedar kangen-kangenan ala alay. Tapi punya visi kedepan paling tidak berlandaskan pada pandangan bahwa sebagai khalifah di muka bumi, harus menggarap potensi alam yang Allah sediakan untuk kita.

Ciaaau dah subuh……

2 responses to “Wiraswasta dan Silaturrahim

Tinggalkan Balasan

