Tiang-tiang Memori Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember letaknya di Kabupaten Bogor, tepatnya dari jalan raya Puncak-Cisarua, dari arah jakarta belok ke kiri menyusuri jalan kurang lebih 5 km. Kini sudah ada plang petunjuk arah yang menunjukkan jalan akses menuju curug 7 cilember. Ketika sampai di pos pendaftaran atau pintu gerbang tempat wisata ini masih harus berjalan kaki lagi sejauh 1 km barulah akan sampai di air terjun (curug) 7 Cilember. Di Lokasi wisata curug Cilember ini sendiri terdapat 7 buah air terjun yg masing-masing jaraknya kurang lebih 0,5-1 jam perjalanan, yang terdekat dari pos pendaftaran adalah curug 7 dan yang terjauh curug 1 dan 2.

Dulu ketika pertama kali saya mengunjungi tempat ini pada waktu SMP, tempat ini terlihat kurang diperhatikan dan dieksplorasi oleh pemerintah setempat. Belum ada pemondokan dan para penjual aksesories, hanya beberapa warung makan terbuat dari kayu yang sudah terlihat tua. Ketika saya camping saat itu bersama teman-teman, masih terasa seperti berada di alam liar.

Namun kini tempat wisata ini sudah mengalami banyak perubahan. Mulai dari pintu gerbang yang sudah berbentuk gapura beton, jalan setapak yg sudah tertata rapi dihiasi dengan jembatan-jembatan dari bambu bercat warna hijau juga kolam-kolam kecil berisi ikan, 3-4 buah pemondokan indah dari kayu dengan harga berkisar 1,2 juta rupiah permalamnya, banyak penjual aksesories dan semakin banyak kantin, mushalla yang kecil namun bagus dan berlantaikan keramik hingga terdapat taman kupu-kupu. Sehingga ketika terakhir saya mengunjungi tempat ini, terasa sangat berbeda sekali seolah aroma alam liarnya sudah hilang. Meski demikian tidak mengurangi daya tarik air terjun yang ada di sana.

Meski tidak terlalu istimewa di mata kebanyakan wisatawan, namun bagi saya tempat ini begitu istimewa karna setiap kali saya mengunjungi tempat ini selalu mewakili fase perjalanan hidup dan orientasi jiwa yang berbeda-beda. Bahkan saya dan teman-teman (beberapa laki-laki dan wanita) pernah di hukum oleh penjaga wisata ini dengan push up dan pull up lantaran kami menerobos masuk tempat wisata ini tanpa melalui pos pendaftaran, mengikuti petunjuk dari penduduk setempat.

“One place Thousand reminders”

2 responses to “Tiang-tiang Memori Curug 7 Cilember

• sebenarnya saya sangat jarang sekali naik bis kesana, tapi anda bisa mencoba naik bis jurusan cianjur/bandung pastikan via puncak, lalu turun di Cilember, kemudian naik ojek (krn sptnya ga ada angkot yg menuju air terjun). Atau bisa naik bis jurusan bogor lalu dari terminal branangsiang (bogor) naik angkot elf jurusan cianjur turun di Cilember kemudian naik ojek.