Mengenang Touring Ujung Genteng (1)

Pada beberapa hari setelah idul fitri yang lalu, antusiasme dan rasa penasaran saya untuk mengunjungi pantai Ujung Genteng akhirnya terwujudkan. Pantai Ujung Genteng sebagai pantai yang masih terpelihara keasliannya ini dan masih jarang dikunjungi mengingat letaknya yang cukup jauh sangat menantang untuk dikunjungi.

Terletak di sebelah selatan Sukabumi, nama pantai yang diambil dari nama desa ini benar-benar mencerminkan letaknya yang di ujung. Memakai motor membutuhkan 7-8 jam perjalanan dari Jakarta dengan jalan yang berliku menembus hutan dan perkebunan teh dengan jalur yang lebih kecil dari jalan raya Puncak namun lebih panjang jaraknya, sehingga riding jauh menembus Ujung Genteng cukup menghibur.

 

perkebunan teh Surangga, Desa Kertajaya, Kec. Simpenan, Sukabumi

Arah ke Ujung Genteng dari Sukabumi kota mengambil jalur menuju Pantai Pelabuhan Ratu. Sekitar 3-4 km sebelum Pelabuhan Ratu kita akan bertemu pertigaan yang mana bila lurus akan menuju Pelabuhan Ratu dan belok kiri mengarah ke Ujung Genteng. Dari sini perjalanan masih membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam, dan dari sini pulalah jalan yang berliku membelah hutan dan perkebunan teh yang luas di mulai.

Jembatan besar yang akan kita temui setelah keluar dari jalur Pelabuhan Ratu menuju Ujung Genteng

Ketika memasuki desa Ujung Genteng maka kita akan melewati Jalan Ujung Genteng yang cukup panjang, mungkin sepanjang Jl  S. Parman ditambah Jl Gatot Subroto (Grogol-Cawang) bila di Jakarta. Namun bila di Jakarta jalanan begitu sangat macet dan dengan polusi yang menggangu serta dikelilingi gedung-gedung tinggi, namun di jalan Ujung Genteng ini begitu sepi, disebelah kanan terdapat beberapa perumahan warga desa dengan konsentrasi di titik-titik tertentu, dan disebelah kirinya terdapat hamparan padang rumput dan jejeran pohon kelapa, dikejauhan terlihat garis pantai Ujung Genteng di mulai.

Jl. Ujung Genteng

 

Jl Ujung Genteng berakhir dan diputus oleh bibir pantai, artinya ketika kita sudah mengakhiri melintasi Jl Ujung Genteng ini maka telah tibalah kita ditujuan wisata pantai Ujung Genteng, yang dimulai dari pantai nelayan (banyak yang menyebutnya demikian, karna disinilah para nelayan berkumpul dan terdapat TPI/Tempat Pelelangan Ikan).

bibir pantai yang mengakhiri Jl Ujung Genteng

bersama salah seorang penjual ikan di pantai nelayan

to be continued

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s