Tes Kebugaran

persiapan tes kebugaran

Di tengah persiapan camping dan hiking (Mukhayyam) yang diadakan DPD PKS Jakbar ke Gunung Karang, Banten, panitia melakukan sejumlah persiapan. Diantaranya adalah mempersiapkan para peserta untuk meningkatkan kebugarannya agar ketika hari H lebih memiliki daya tahan ketika hiking. Maka selama 5 pekan di adakan pra mukhayyam (setiap hari ahad). Nah pada pekan terakhir di adakan tes kebugaran. Bukan untuk menguji apakah peserta ini siap berangkat atau tidak tapi semata-mata memang hanya untuk mengetahui kondisi peserta pada puncak persiapan.

Cara Tes Kebugaran

Peserta berlari dalam beberapa level, setiap level terdiri dari 10 point yang tiap pointnya peserta harus berlari sejauh 20 m. Pada level pertama tiap pointnya sekitar 5 detik, sehingga peserta harus berlari 20 meter dan tidak boleh sampai lebih dari waktu tersebut. Pada level-level selanjutnya waktu tiap pointnya terus meningkat sehingga peserta harus meningkatkan kecepatan larinya pada tiap levelnya. Siapa yang telat 2 point berturut-turut maka dinyatakan harus berhenti berlari dan disitulah ditemukan tingkat kebugaran peserta.

Setelah mengetahui level dan point pemberhentian seorang peserta (misal : level 5 point 3), maka dimasukkan kedalam sebuah rumus yang juga terdiri dari umur, berat dan tinggi peserta sehingga menghasilkan sebuah nilai tertentu. Selanjutnya nilai inilah yang dijadikan patokan untuk menentukan tingkat kebugaran peserta apakah sangat buruk, buruk, di bawah standar, standar atau di atas standar.

Hasilnya

Meski para peserta sudah 4 kali mengikuti kegiatan pra mukhayyam namun pada hari terakhir ini tetap saja kondisi kebugaran mereka tidak sesuai yang diharapkan. Rata-rata hasil tes kebugaran yang di dapat adalah buruk bahkan cukup signifikan jumlah peserta yang mendapatkan hasil sangat buruk.

Yah artinya memang kebugaran itu tidak bisa didapatkan hanya dengan latihan rutin 1-2 bulan saja, melainkan ia harus didahului dengan latihan yang kontinyu.

Pelajaran

و أعدوا لهم ما استطعتم من قوة

“Dan persiapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi” (Al Anfaal : 60)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s