Imlek

Suasana perayaan Imlek di Mall Taman Anggrek

Perayaan tahun baru Imlek di Mall Taman Anggrek

Pada tanggal 14 Februari tahun ini tidak hanya diramaikan oleh sebuah budaya yang dikenal asing bagi budaya Indonesia yaitu hari valentin, tapi juga perayaan tahun baru Imlek. Hampir di setiap mall, pusat perbelanjaan bahkan di jalan-jalan kita bisa melihat bentuk-bentuk perayaan tersebut. Pemandangan ini mulai sering terlihat ketika etnis cina lebih diakui eksistensinya dalam politik. Apakah kita hanya akan menilai fenomena ini dari sudut pandang bahwa budaya cina penuh dengan legenda, mistis dan kemusyrikan sehingga akan berbahaya bagi pemikiran agama Islam…??? atau ada sudut pandang lain yang bisa kita ambil hikmahnya dari fenomena ini.

Etnis cina di Indonesia adalah etnis yang kecil namun besar. Kecil karena jumlahnya sedikit, besar karna memiliki kekuatan khususnya di bidang ekonomi. Inilah di antara hikmah yang bisa kita ambil dari fenomena ini, bagaimana suatu komunitas yang kecil namun memiliki keuletan, jaringan, kerjasama akan memberi kekuatan yang besar bagi mereka.

Hampir menjadi mainset ketika menyebut kata “bos” akan terpikir pula “orang cina”, atau ketika kita pergi ke pusat-pusat perbelanjaan baik mall atau pun yang setingkat di bawahnya seperti Glodok, Asemka, Pasar Pagi Mangga Dua, nyata-nyata kita akan melihat power show dari mereka dan kegigihan mereka merangsek perekonomian masyarakat. Sehinggga wajar bila kita lihat perayaan tahun baru Imlek di hampir setiap Mall diikuti juga oleh kaum pribumi.

Yang jelas, lepas dari pro kontra perayaan tahun baru Imlek dari perspektif agama Islam, perlu pula kita mencari fadhilah amal dari sebuah hadits dha’if yang mengatakan “Tuntutlah ilmu walaupun ke negeri China”. Toh memang bagi sebuah umat yang hendak bangkit khusunya di era ini membutuhkan struktur perekonomian yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s